Cari Blog Ini

Senin, 20 Maret 2017

Yogyakarta Sebagai Kota Pelajar



Yogyakarta Sebagai Kota Pelajar
Oleh: Tanisa Aulia Chika Rizki

Yogyakarta, mendengar kota Yogyakarta tentunya hal yang paling dikenal adalah istilah mengenai Yogyakarta sebagai kota pelajar. Walaupun berbagai julukan telah disematkan pada kota ini seperti kota Gudeg, kota Perjuangan, kota Pariwisata dan kota Budaya, namun Yogyakarta  sebagai kota pelajar telah mendarah daging. Sebagai kota pelajar Yogyakarta mempunyai visi pendidikan  berupa center of exellent yaitu sebagai pusat unggulan dari beberapa disiplin ilmu sesuai bidang  masing-masing. Untuk itulah semua unsur yang terkait dengan bidang pendidikan  saling bersinergi dalam mewujudkan kualitas pendidikan yang tinggi dan dapat diperhitungkan di dunia Internasional.
Berbicara mengenai pendidikan tentunya Yogyakarta seakan sudah menjadi iconnya. Susilo Nugroho ditemui di SMK N 1 Bantul Provinsi DIY (20/07) berpendapat “Yogyakarta sebagai kota pelajar itu seakan-akan sudah menjadi predikat, namun dengan predikat itu harus diimbangi dengan pendidikan secara luas. Pendidikan secara luas bukan diwujudkan dengan adanya perguruan tinggi yang banyak namun fakta dilapangan harus sesuai dengan perkembangan pendidikan di Indonesia”.
Salah satu kota yang memiliki kualitas pendidikan terbaik adalah kota Yogyakarta. Namun, apakah alasan kota Yogyakarta disebutsebagai kota pelajar? Di kutip dari website indostudent.com ada lima alasan mengapa Yogyakarta disebut sebagai kota Pelajar. Yang pertama adalah kota Yogyakarta memiliki kampus yang banyak, jumlah kampus di Yogyakarta diperkirakan mencapai lebih dari 60 kampus. Yang kedua adalah fasilitas di setiap kampus yang mendukung. Selanjutnya adalah selalu menghasilkan para pelajar yang kompeten, karena semakin banyak kampus membuat pihak kampus bersaing untuk mengembangkan potensi mahasiswa sesuai dengan bidangnya. Yang keempat yaitu banyaknya minat pelajar untuk belajar di Yogyakarta. Menurut Hasna (13/08) seorang mahasiswa dari luar Jogja yang memilih kampus di Yogyakarta karena “kota Yogyakarta merupakan kota yang kental dengan budaya sehingga dapat mencari suasana baru, serta di Yogyakarta transportasi mudah dan murah” jelasnya. Yang terakhir alasan mengapa Yogyakarta di sebut sebagai kota pelajar adalah kota Yogyakarta memiliki tempat wisata yang banyak, karena sejatinya tempat wisata merupakan tempat hiburan para pelajar dan mahasiswa.
Memang pesona Yogyakarta sebagai kota pelajar menjadikan perguruan tinggi tumbuh subur di kota ini. Sebagai seorang guru Herlina Dwi Novitasari (30/07) mengatakan, “walaupun pada saat ini banyak perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia serta dengan fasilitas yang memadahi, namun Yogyakarta tidak pernah ditinggalkan. Pada saat tahun ajaran baru selalu saja Yogyakarta dibanjiri oleh pelajar dan mahasiswa yang ingin menimba ilmu di kota pelajar ini”. Beragamnya pelajar dan masiswa yang menimba ilmu di Yogyakarta menjadikan kota in ibarat miniaturnya Indonesia. Karena pelajar di kota Yogyakarta ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia sehingga menjadikan karakter, budaya dan bahasa yang semakin menambah keistimewaan Yogyakarta.
Sebagai kota pelajar tentunya kota Yogyakarta sangat memperhatikan kualitas pendidikannya. Sudi Utomo kami temui (23/07) menjelaskan “pendidikan itu ibarat tabungan masa depan, karena dengan pendidikan seseorang dapat meraih kehidupan yang lebih baik. Sebagai seorang orang tua yang peduli dengan anaknya tentunya menyekolahkan anak hingga jenjang yang tinggi adalah sebuah kebanggan. Karena pada dasarnya pendidikan itu adalah sebuah pelajaran dan pengalaman, jadi apa salahnya anak mendapat penlajaran dan pengalaman lebiih banyak”.
Dengan fasilitas sekolah dan universitas yang megah, berkualitas, terjamin mutunya dan sudah terakreditasi secara baik di dunia pendidikan Indonesia telah mengkokohkan predikat Yogyakarta sebagai kota pelajar. Kualitas pendidikan di kota gudeg ini memang sudah terjamin sebagai kota pelajar. Yogyakarta adalah sebuah kota yang merangkap sebagai ibukota provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini selalu memberi ruang untuk para pelajar dan mahasiswa untuk menimba ilmu di Yogyakarta.
Selain Yogyakarta sebagai kota pelajar tentunya tak lepas dari budaya yang kental sekaligus beragam di sini. Karena pendidikan dan kebudayaan selalu berjalan beriringan. Tesa Rizki Aulia seorang mahasiswa dari Fakultas Bahasa dan Sastra UNY ditemui (11/08) menyatakan “sebenarnya kota Yogyakarta tidak hanya lekat dengan kota pelajar saja, namun juga sebagai kota budaya. Begitu banyak budaya yang bersemayam di kota Yogyakarta menambah nilai plus bagi para calon mahasiswa baru untuk menjadikan Yogyakarta sebagai pilihan studinya. Jadi tidak hanya melulu belajar diruang kelas, namun kita juga dapat mempelajari sekaligus menikmati hasil budaya yang ada”. Tentunya kota Yogyakarta selalumemberi kesan yang baik bagi para pelajar dan mahasiswa yang pernah menimba ilmu disini. Seperti halnya Keraton yang dianggap sentral bagi Yogyakarta memberi corak keistimewaan yang nyata bagi kebudayaan yang tumbuh subur di kota ini.
Berbagai jenis lembaga pendidikan negeri maupun swasta bermunculan di Yogyakarta, sehingga dapat dikatakan bahwa hampir tidak ada cabang ilmu pengetahuan yang tidak diajarkan di kota ini. Hal ini telah menjadikan Yogyakarta tumbuh sebagai kota pelajar sekaligus pusat pendidikan. Karena salah satu kota yang memiliki kualitas pendidikan terbaik adalah di Yogyakarta. Sepertihalnya kualitas pendidikanyang baik, fasilitas memadahi, dan kampus yang banyak menjadikan kota ini sebagai pilihan utama mengenai pendidikan. Yogyakarta juga menempati deretan pertama perguruan tinggi terbaik yaitu Universitas Gadjah Mada. Cahyo Sulistya Wiguna salah satu mahasiswa jurusan pengindraan jauh dan sistem informasi geografi Universita Gadjah Mada yang kami temui (14/08) mengatakan “kampus UGM memiliki fasilitas yang lengkat jadi dapat menunjang dalamperkuliahan. Selain itu kampus UGM merupakan kampus yang kerakyatan, oleh karena itu saya bangga belajar disana” ujarnya.
Banyak hal yang dapat kita lakukan ketika singgah di kota pelajar ini. Tidak hanya belajar namun juga dapat mencari suasana baru. Tata kota dan masyarakatnya selalu memberikan bekas yang sulit di lupakanbagi para pelajar, mahasiswa, maupun wisatawan yang berkunjung dikota ini. Potensinya dalam pendidikan menjadikan kota Yogyakarta tetap menjadi iconnya pendidikan di Indonesia yang menapat julukan sebagai kota pelajar.
Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai kota pelajar telah menorehkan catatan pendidikan dari waktu ke waktu. Di tanah Yogyakarta pun telah lahir orang-orang besar yang berpengaruh bagi kemajuan bangsa ini. mengatakan kota Yogyakarta sebagai surganya pendidikan di Indonesia tentunya bukan hal yang berlebihan. karena kualitas pendidikan dikota Yogyakarta tidak kalah bersaing dengan pendidikan di dunia Internasional.


Sumber pendukung:  http://indostudent.com, kompasiana

terimakasih semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar