Cari Blog Ini

Minggu, 10 Maret 2019

HISBULLAH


Pada tanggal 7 September 1944, PM Jepang, Kaiso mengeluarkan janji tentang kemerdekaan untuk Indonesia. Sementara keadaan di medan perang, Jepang mengalami berbagai kekalahan. Jepang mulai merasakan berbagai kesulitan. Keadaan tersebut memicu Jepang untuk menambah kekuatan yang telah ada. Jepang merencanakan untuk membentuk pasukan cadangan khusus dan pemuda-pemuda Islam sebanyak 40.000 orang.
Rencana Jepang untuk membentuk pasukan khusus Islam tersebut, cepat tersebar di tengah masyarakat. Rencana ini segera mendapat sambutan positif dari tokoh-tokoh Masyumi, sekalipun motivasinya berbeda. Begitu pula para pemuda Islam lainnya, mereka menyambut dengan penuh antusias. Bagi Jepang, pasukan khusus Islam itu digunakan untuk membantu memenangkan perang, tetapi bagi Masyumi pasukan itu digunakan untuk persiapan menuju cita-cita kemerdekaan Indonesia. Berkaitan dengan hal itu maka para pemimpin Masyumi mengusulkan kepada Jepang untuk membentuk pasukan sukarelawan yang khusus terdiri atas pemuda-pemuda Islam. Oleh karena itu, pada tanggal 15 Desember 1944 berdiri pasukan sukarelawan pemuda Islam yang dinamakan Hizbullah (Tentara Allah) yang dalam istilah Jepangnya disebut Kaikyo Seinen Teishinti.
Tugas pokok Hizbullah adalah sebagai berikut:
1.   Sebagai tentara cadangan dengan tugas:
a)          melatih diri jasmani maupun rohani dengan segiat-giat nya,
b)         membantu tentara Dai Nippon,
c)          menjaga bahaya udara dan mengintai mata-mata musuh, dan
d)         menggiatkan dan menguatkan usaha-usaha untuk kepen tingan perang.
2.   Sebagai pemuda Islam, dengan tugas:
a)          menyiarkan agama Islam,
b)         memimpin umat Islam agar taat menjalankan agama, dan
c)          membela agama dan umat Islam Indonesia.

1 komentar:

  1. As stated by Stanford Medical, It is really the SINGLE reason this country's women get to live 10 years longer and weigh an average of 19 kilos less than us.

    (By the way, it is not related to genetics or some secret-exercise and EVERYTHING around "how" they are eating.)

    P.S, What I said is "HOW", and not "what"...

    CLICK this link to determine if this quick quiz can help you decipher your true weight loss potential

    BalasHapus